• Perdagangan Internasional
•International Trade
• Trade: voluntary exchange of goods, services, assets, or money between one person or organization and another • Perdagangan: pertukaran sukarela barang, jasa, aset, atau uang antara satu orang atau organisasi dan lain
• International trade: trade between residents of two countries • Perdagangan internasional: perdagangan antara penduduk dua negara
Classical Country-Based Trade Theories Negara klasik Berbasis Teori Perdagangan
• Mercantilism • Merkantilisme
• Absolute Advantage • Keuntungan Mutlak
• Comparative Advantage • Keuntungan Komparatif
• Comparative Advantage with Money • Perbandingan Keuntungan dengan Uang
• Relative Factor Endowments • Faktor Wakaf Relatif
Mercantilism Merkantilisme
• A country's wealth is measured by its holdings of gold and silver • kekayaan suatu negara diukur dengan kepemilikan emas dan perak
• A country's goal should be to enlarge holdings of gold and silver by • Sebuah sasaran negara itu harus untuk memperbesar kepemilikan emas dan perak oleh
– Promoting exports - Mempromosikan Ekspor
– Discouraging imports - Mengecilkan impor
Modern Mercantilism Merkantilisme modern
Neomercantilists or protectionists Neomercantilists atau proteksionis
– American Federation of Labor-Congress of Industrial Organizations - Federasi Buruh Amerika-Kongres Organisasi Industri
– Textile manufacturers - Tekstil produsen
– Steel companies - Baja perusahaan
– Sugar growers - Gula petani
– Peanut farmers - Kacang petani
Disadvantages of Mercantilism Kekurangan Merkantilisme
• Confuses the acquisition of treasure with the acquisition of wealth • membingungkan perolehan harta karun dengan akuisisi kekayaan
• Weakens the country because it robs individuals of the ability • Melemah negara karena merampas kemampuan individu
– To trade freely - Untuk perdagangan bebas
– To benefit from voluntary exchanges - Untuk mendapatkan manfaat dari pertukaran sukarela
• Forces countries to produce products it would otherwise not in order to minimize imports • Angkatan negara untuk menghasilkan produk yang akan tidak dalam rangka untuk meminimalkan impor
Absolute Advantage Keuntungan Mutlak
• Export those goods and services for which a country is more productive than other countries • Ekspor barang dan jasa yang negara lebih produktif dibandingkan negara lain
• Import those goods and services for which other countries are more productive than it is • Impor barang dan jasa yang negara-negara lain yang lebih produktif daripada
Absolute Advantage's Flaw Keuntungan mutlak yang Flaw
• What happens to trade if one country has an absolute advantage in both products? • Apa yang terjadi pada perdagangan jika satu negara memiliki keunggulan absolut dalam kedua produk?
• No trade would occur • Tidak akan terjadi perdagangan
Comparative Advantage Keuntungan Komparatif
• Produce and export those goods and services for which it is relatively more productive than other • Menghasilkan dan ekspor barang dan jasa yang relatif lebih produktif daripada yang lain
countries negara
• Import those goods and services for which other countries are relatively more productive than it is • Impor barang dan jasa yang negara-negara lain relatif lebih produktif daripada
Differences between Comparative and Absolute Advantage Perbedaan antara Keunggulan Komparatif dan Absolute
• Absolute versus relative productivity differences • perbedaan produktivitas Mutlak dibandingkan relatif
• Comparative advantage incorporates the concept of opportunity cost • Keunggulan Komparatif menggabungkan konsep biaya kesempatan
– Value of what is given up to get the good - Nilai apa yang diberikan sampai untuk mendapatkan yang baik
Comparative Advantage with Money Keunggulan komparatif dengan Uang
• One is better off specializing in what one does relatively best • Salah satunya adalah lebih baik mengkhususkan diri dalam apa yang dilakukan seseorang yang relatif terbaik
• Produce and export those goods and services one is relatively best able to produce • Menghasilkan dan ekspor barang dan jasa yang relatif paling mampu menghasilkan
• Buy other goods and services from people who are better at producing them • Beli barang dan jasa dari orang-orang yang lebih baik memproduksi mereka
Relative Factor Endowments Relatif Faktor Wakaf
• Heckscher -Ohlin Theory • Heckscher-Ohlin Teori
• What determines the products for which a country will have a comparative advantage? • Apa yang menentukan produk-produk yang suatu negara akan memiliki keunggulan komparatif?
– Factor endowments vary among countries - Dana abadi Faktor bervariasi antara negara-negara
– Goods differ according to the types of factors that are used to produce them - Barang berbeda sesuai dengan jenis faktor yang digunakan untuk menghasilkan mereka
Relative Factor Endowments_2 Relatif Faktor Endowments_2
• A country will have a comparative advantage in producing products that intensively use resources • Sebuah negara akan memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi produk yang intensif menggunakan sumber daya
(factors of production) it has in abundance (Faktor produksi) itu telah dalam kelimpahan
– China: labor - Cina: tenaga kerja
– Saudi Arabia: oil - Arab Saudi: minyak
– Argentina: wheat - Argentina: gandum
Modern Firm-Based Trade Theories Perusahaan modern Berbasis Teori Perdagangan
• Country Similarity Theory • Kesamaan Teori Negara
• Product Life Cycle Theory • Produk Life Cycle Theory
• Global Strategic Rivalry Theory • Teori Rivalitas Global Strategic
• Porter's National Competitive Advantage • Nasional Keunggulan Kompetitif Porter
Growth of Firm-Based Theories Pertumbuhan Perusahaan Berbasis Teori
• Growing importance of MNCs • Tumbuh pentingnya perusahaan multinasional
• Inability of the country-based theories to explain and predict the existence and growth of • Ketidakmampuan negara berbasis teori untuk menjelaskan dan memprediksi keberadaan dan pertumbuhan
intraindustry trade intraindustry perdagangan
• Failure of Leontief and others to empirically validate country-based Heckscher -Ohlin Theory • Kegagalan Leontief dan orang lain untuk memvalidasi secara empiris berdasarkan negara Heckscher-Ohlin Teori
Firm-Based Trade Theories Perusahaan Berbasis Teori Perdagangan
• Incorporate additional factors into explanations of trade flows • Memasukkan faktor tambahan ke penjelasan arus perdagangan
– Quality - Kualitas
– Technology - Teknologi
– Brand names - Merek Nama
– Customer quality - Pelanggan berkualitas
Country Similarity Theory Kesamaan Teori Negara
• Explains the phenomenon of intraindustry trade • Menjelaskan fenomena intraindustry perdagangan
– Trade between two countries of goods produced by the same industry - Perdagangan antara dua negara barang yang diproduksi oleh industri yang sama
• Japan exports Toyotas to Germany • Jepang ekspor Toyota ke Jerman
• Germany exports BMWs to Japan • Jerman BMW ekspor ke Jepang
Country Similarity Theory_2 Negara Kesamaan Theory_2
• Trade results from similarities of preferences among consumers in countries that are at the same • Perdagangan hasil dari kesamaan preferensi antara konsumen di negara-negara yang pada saat yang sama
stage of economic development tahap perkembangan ekonomi
• Most trade in manufactured goods should be between countries with similar per capita incomes • Sebagian besar perdagangan barang-barang manufaktur harus antara negara-negara dengan pendapatan per kapita yang sama
Product Life Cycle Theory Produk Life Cycle Theory
• Describes the evolution of marketing strategies • Menjelaskan evolusi strategi pemasaran
• Stages • Tahapan
– New product - Produk baru
– Maturing product - Jatuh tempo produk
– Standardized product - Standar produk
Global Strategic Rivalry Theory Teori global Rivalitas Strategis
• Firms struggle to develop sustainable competitive advantage • Perusahaan berjuang untuk mengembangkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan
• Advantage provides ability to dominate global marketplace • Keuntungan menyediakan kemampuan untuk mendominasi pasar global
• Focus: strategic decisions firms use to compete internationally • Fokus: keputusan strategis perusahaan digunakan untuk bersaing di tingkat internasional
Sustaining Competitive Advantage Mempertahankan Keunggulan Kompetitif
• Owning intellectual property rights • Memiliki hak kekayaan intelektual
• Investing in research and development • Investasi dalam penelitian dan pengembangan
• Achieving economies of scale or scope • Mencapai skala ekonomi atau lingkup
• Exploiting the experience curve • Memanfaatkan kurva pengalaman
Porter's National Competitive Advantage Porter Keunggulan Kompetitif Nasional
• Success in trade comes from the interaction of four country and firm specific elements • Sukses dalam perdagangan berasal dari interaksi dari empat negara dan elemen spesifik perusahaan
– Factor conditions - Faktor kondisi
– Demand conditions - Permintaan kondisi
– Related and supporting industries - Terkait dan mendukung industri
– Firm strategy, structure, and rivalry - Perusahaan strategi, struktur, dan persaingan
Theories of International Trade Teori Perdagangan Internasional
Country-Based Theories Negara Berbasis Teori
• Country is unit of analysis • Negara adalah unit analisis
• Emerged prior to WWII • Muncul sebelum Perang Dunia II
• Developed by economists • Dikembangkan oleh ekonom
• Explain interindustry trade • Jelaskan perdagangan intersektoral
• Include • Sertakan
– Mercantilism - Merkantilisme
– Absolute advantage - Keuntungan Mutlak
– Comparative advantage - Keuntungan Komparatif
– Relative factor endowments - Faktor pendukung Relatif
Firm-Based Theories Perusahaan Berbasis Teori
• Firm is unit of analysis • Perusahaan adalah unit analisis
• Emerged after WWII • Muncul setelah PD II
• Developed by business school professors • Dikembangkan oleh profesor sekolah bisnis
• Explain intraindustry trade • Jelaskan perdagangan intraindustry
• Include • Sertakan
– Country similarity theory - Negara kesamaan teori
– Product life cycle - Produk siklus hidup
– Global strategic rivalry - Persaingan strategis global
– National competitive advantage - Keunggulan kompetitif Nasional
Types of International Investments Jenis Investasi Internasional
• Does the investor seek an active management role in the firm r merely a return from a passive • Apakah investor mencari peran manajemen aktif dalam r perusahaan hanya kembali dari pasif
investment? investasi?
– Foreign Direct Investment - Investasi Langsung Asing
– Portfolio Investment - Portofolio Investasi
International Investment Theories Teori Investasi Internasional
• Ownership Advantages • Kepemilikan Keuntungan
• Internalization • Internalisasi
• Dunning's Eclectic Theory • Teori Elektik Dunning
Ownership Advantages Kepemilikan Keuntungan
• A firm owning a valuable asset that creates a competitive advantage domestically can use that • Sebuah perusahaan memiliki aset berharga yang menciptakan keunggulan kompetitif di dalam negeri dapat menggunakan
advantage to penetrate foreign markets through FDI keuntungan untuk menembus pasar asing melalui FDI
• Why FDI and not other methods? • Mengapa FDI dan bukan metode lain?
Internalization Theory Internalisasi Teori
• FDI is more likely to occur when transaction costs with a second firm are high • FDI lebih mungkin terjadi ketika biaya transaksi dengan perusahaan kedua tinggi
• Transaction costs: costs associated with negotiating, monitoring, and enforcing a contract • Biaya transaksi: biaya yang terkait dengan negosiasi, pemantauan, dan menegakkan kontrak
Dunning's Eclectic Theory Dunning Elektik Teori
• FDI reflects both international business activity and business activity internal to the firm • FDI mencerminkan kegiatan bisnis internasional dan kegiatan bisnis internal perusahaan
• 3 conditions for FDI • 3 kondisi untuk FDI
– Ownership advantage - Kepemilikan Keuntungan
– Location advantage - Lokasi keuntungan
– Internalization advantage - Internalisasi keuntungan