Jumat, 09 September 2011

Pengaruh teknologi terhadap bisnis?

Sejak berakhirnya Perang Dunia kedua telah tercapai kemajuan yang sangat pesat di bidang teknologi. Kemajuan teknologi komunikasi, teknologi informasi dan teknologi transportasi secara signifikan telah mengubah metode-metode dan berbagai aktivitas bisnis yang menjurus ke arah globalisasi. Salah satu contoh kongkrit adalah semakin meluasnya pengguna internet dan World Wide Web (WWW).

Aktifitas bisnis yang sekarang cenderung telah mampu melampaui batas-batas antara satu negara lainnya. Hal inilah yang memungkinkan terjadi transfer teknologi, sehingga memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk mengadopsi teknologi modern dalam rangka meningkatkan produktivitas bisnis.


(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

Jelaskan yang dimaksud bisnis global?

Bisnis Global/ transnasional yaitu bisnis yang memfokuskan dapa pemanfaatan asset, pengalaman, dan produk perusahaan secara global dan melakukan penyesuaian pada apa yang benar-benar unik berbeda dalam sistem negara.

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

Jelaskan yang dimaksud tanggung jawab perusahan?

Tanggung jawab perusahaan berkaitan dengan cara suatu bisnis untuk bertindak terhadap kelompok dan pribadi lainnya dalam lingkungan dan merupakan tanggapan dari perudahaan/bisnis terhadap kebutuhan sosial.

Untuk itu tanggung jawab sosial perusahaan diperuntukan bagi:
  • Bertanggung jawab terhadap pelanggan.
  • Bertanggung jawab terhadap tenaga kerja.
  • Bertanggung jawab terhadap lingkungan.
  • Bertanggung jawab tehadap investor.
(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

Jelaskan yang dimaksud dengan etika bisnis?

Etika bisnis terkait dengan masalah penilaian terhadap kegiatan dan perilaku bisnis yang mengacu pada kebenaran atau kejujuran berusah (bisnis). Kebenaran yang dimaksud adalah etika standar yang secara umum dapat diterima dan di akui prinsip-prinsipnya baik oleh masyarakat, perusahaan, dan individu.

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

Sebutkan tugas manajer keuangan?

Tugas Manajer Keuangan

1. Penggunaan dana atau sering dikenal istilah pembelanjaan aktif:
  • Penggunaan dana untuk mengadakan Aktiva Lancar (curent Assets)
  • Penggunaan dana untuk mengadakan Aktiva Tetap (Fixed Asset)
2. Sumber-sumber dana atau sering dikenal istilah pembelanjaan pasif.
  • Sumber dana yang berasal dari dalam perusahaan.
  • Sumber dana yang berasal dari luar perusahaan.

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

Jelaskan yang dimaksud manajemen keuangan?

Manajemen keuangan adalah salah satu fungsi operasional perusahaan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan yang pada dasarnya dapat dilakukan dengan baik oleh individu, perusahaan, maupun pemerintah.

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

Sebutkan tugas manajer SDM?

Tugas Manajer Sumber Daya Manusia:
  • Pengadaan Tenaga Kerja (procurement)
  • Pengembangan (development)
  • Kompensasi (compensasion)
  • Integrasi (Intergration)
  • Pemeliharaan (Maintenance)
  • Pemisahan (Saparation)

Jelaskan yang dimaksud manajemen SDM?

Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya yang ada pada individu atau pegawai.

(Mangkunegara;2001) yang dikutip oleh (Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

Sebutkan tugas manajer operasional?

Tugas Manajer Operasional:
  • Menentukan Luas Produksi
  • Menentukan Pola Produksi
  • Menentukan Lokasi Produksi
  • Menetapkan Tata Letak Fasiltas Produksi
  • Mengendalikan Produksi
  • Mengendalikan Bahan Baku
  • Pemeliharaan Peralatan Produksi
  • Mengendalikan Kualitas
  • Inventory Control

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

Jelaskan yang dimaksud manajemen operasional?

Manajemen Operasional merupakan kegiatan untuk mengatur atau mengelola agar dapat menciptakan dan menambah nilai guna atau manfaat suatu barang dan jasa.

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

Sebutkan tugas manajer pemasaran?

Tugas Manajer Permasaran:  

1. Analisis Peluang Pasar  
  • Mengembangkan Sistem Informasi Pemasaran yang dapat diandalkan.
  • Pengenalan perilaku pembelian, persepsi, keinginan, dan kebutuhan dari pasar sasaran.
  • Mengamati segmen-segmen pasar di setiap pasar yang dapat dilayani.  
2. Mengembangkan Produk
  • Pemunculan gagasan.
  • Penyaringan gagasan
  • Pengembangan dan Pengujian konsep produk
  • Pengembangan strategi pemasaran
  • Analisis bisnis
  • Pengembangan atau pembuatan produk
  • Pengujian pasar
  • Komrsialisasi
3. Siklus Hidup Produk
  • Tahap perkenalan
  • Tahap pertumbuhan
  • Tahap kedewasaan
  • Tahap penurunan

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

Jelaskan yang dimaksud manajemen pemasaran?

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

(Philip Kotler) yang dikutip oleh (Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

Apa yang dimaksud dengan organisasi?

Organisasi adalah terdiri dari dua orang atau lebih yang bekerja sama dengan cara yang terstuktur untuk mencapai suatu tujuan.

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

Jelaskan yang dimaksud dengan manajemen?

Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian aktivitas-aktivitas perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu.

(Musselman dan Jackson;1992) yang dikutip oleh (Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

Sebutkan pengaruh lingkungan bisnis terhadap bisnis itu sendiri?

Perusahaan harus mampu beroperasi secara optimal dalam kondisi lingkungan yang hampir mengalami perubahan setiap waktu. Perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan dapat memberikan pengaruh negatif maupun pengaruh positif dan tentunya dapat mempengaruhi kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba.

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

Sebutkan jenis-jenis lingkungan bisnis?

Lingkungan ini mencakup Lingkungan Umum atau seringkali juga di sebut lingkungan Makro, dan Lingkungan Khusus atau lingkungan Mikro.
Lingkungan Makro meliputi :
Politik, Hukum, Sosial dan Budaya, Perekonomian, Pemerintah, Alam, Teknologi, dan Demografi. 
Lingkungan Mikro meliputi
Pemasok, Pelanggan, Perantara, Pesaing, Penyedia Modal, dan Tenaga Kerja.

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

Apa yang dimaksud dengan lingkungan bisnis?

Lingkungan dapat diartikan sebagai seluruh pelaku dan kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan kegiatan guna mencapai tujuan perusahaan. (Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

Apa yang dimaksud dengan bisnis?

Bisnis yaitu aktivitas-aktivitas yang terorganisir untuk menghasilkan barang dan jasa untuk menghasilkan barang dan jasa dengan bertujuan mendapatkan laba.(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)