Rabu, 28 September 2011

Bab 1 Business International


  Pengertian Bisnis Internasional
Bisnis Internasional dapat diartikan sebagai aktivitas yaitu berupa transaksi bisnis di antara lebih dari dua negara yang melibatkan pihak-pihak individu perorangan, individu perusahaan, kelompok perusahaan dan atau agen-agen internasional dan juga diartikan sebagai studi mempelajari aktivitas tersebut.


·        Bisnis Internasional transaksi bisnis semua yang melibatkan dua atau lebih negara.
·        Bisnis Internasional terdiri dari sebagian besar dan berkembang dari total bisnis di dunia.
Bisnis Internasional biasanya terjadi dalam lingkungan eksternal yang lebih beragam.


Bisnis Domestik 
Adalah bisnis yang melibatkan transaksi di dalam suatu kesatuan dan secara lebih rinci perbedaan antara bisnis internasional dan bisnis domestik terletak pada masalah mata uang, sistem hukum, budaya dan ketersediaan sumber daya yang berbeda antara satu Negara dan Negara lainnya. Bisnis domestik merupakan aktivitas bisnis yang terjadi pada suatu Negara dimana penggunaan mata uang, budaya, system hukum dan sumber –sumbernya relative sama.

Alasan untuk Pertumbuhan Bisnis terbaru Internasional

- Perluasan Teknologi:
transportasi, telekomunikasi;
Transportasi dan telekomunikasi biaya yang lebih kondusif untuk operasi internasional.

- Liberalisasi Cross-Border Gerakan:
barang, jasa, tenaga kerja, Modal

- Pengembangan Kelembagaan Pendukung Pengaturan: pengembangan oleh bisnis dan pemerintah lembaga yang memungkinkan kita untuk secara efektif menerapkan teknologi itu.

- Peningkatan Persaingan Global:
produk baru menjadi global; Globalisasi produksi



Mode Bisnis Internasional
A.   Ekspor dan Impor Merchandise: tak terlihat dan invisibles
B.   Kinerja Layanan: biaya, operasi turnkey; Kontrak manajemen
C.   Penggunaan Aset: perjanjian lisensi, royalti, waralaba
D.   Investasi:
1) Investasi Langsung Asing: memberikan investor sebuah Bunga mengendalikan di sebuah perusahaan asing. Ini memberikan akses ke:
- Pasar asing
- Sumber daya asing
- Lebih tinggi dari keuntungan ekspor
- Kepemilikan parsial
2) Portofolio Investasi: saham dalam sebuah perusahaan atau pinjaman kepada suatu perusahaan atau negara dalam bentuk obligasi, tagihan, atau catatan bahwa pembelian investor.
E.   Definisi Operasional Lainnya
- Aliansi Strategis
perusahaan multinasional, MNEs, TNC, Perusahaan Global, Perusahaan multidomestiknya


Pentingnya mempelajari Bisnis Internasional
Perlunya pemahaman tentang bisnis internasional adalah agar pelaku bisnis dapat mencari dan merumuskan kebutuhan pelanggan global secara lebih baik sehingga dapat berkompetisi , baik dilingkungan domestic maupun internasional., serta mengkoordinasikan berbagai aktivitas pemasaran dalam menghadapi kendala lingkungan global.


Dalam bisnis internasional terdapat beberapa aktivitas pokok yang menjadi ciri penting yang terjadi dalam bisnis internasional di berbagai Negara, yaitu :

1.     Visible Trade : perdagangan barang-barang berwujud.
2.     Invisible Trade : perdagangan dalam jasa; bank; travel; akunting.
3.     Internation Investment, meliputi :
a.     Foreigen Direct Investment (FDI)
b.     Portofolio Infestment
4.     Licencing (lisensi)
5.     Waralaba (franchising)
6.     Management contract

 
Tujuan dan manfaat Bisnis Internasional
Bagi banyak perusahaan, keterlibatannya dalam bisnis internasional lebih banyak dilatarbelakangi oleh motifnya untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan.

Secara rinci, alas an-alasan yang melatarbelakgani pentingnya memahami binis internasional adalah sebagai berikut :
1.     Banyak organisasi besar telah melakuka operasi di tingkat internasional dan dipengaruhi oleh ekonomi global.
2.     Usaha kecil da menengah (UKM) sudah lebih terlibat dalam bisnis internasional.
3.     Mungkin kita bekerja untuk perusahaan yang kantor pusatnya di Negara lain.
4.     Untuk mengenali teknik dan alat-alat bisnis terkini.
5.     Mengenal budaya dalam interaksi bisnis.

Kekutan-kekuatan yang mendasari bisnis internasional
            Kekuatan yang m,endasari bisnis internasional (BI) berorientasi pada management oriented. Organiasi adalah asumsi atau keyakinan, yang sering kali tidak disadari, mengenai sifat dunia ini. Dalam hal ni ada tiga orientasi yang menjadi pedoman dalam BI, yaitu etnosentris, polisentris, geosentris yang kemudian diperluas menjadi regiosentris.


Globalisasi
            Globalisasi merupakan proses memfokuskan sember daya (manusia, uang dan asset fisik) dan tujuan-tujuan dari suatu organisasi untuk memperoleh kesempatan dan menggapai ancaman pasar global.


Apa itu globalisasi?
 Pergeseran menuju ekonomi dunia yang lebih terintegrasi dan saling tergantung¡
 Dua komponen
 
- Globalisasi pasar
 
- Globalisasi produksi


Globalisasi Pasar
 Para penggabungan dari pasar nasional jelas terpisah menjadi pasar global
 Selera dan preferensi menyatu ke sebuah norma global
 Perusahaan menawarkan produk standar di seluruh dunia menciptakan pasar dunia


Globalisasi Pasar Con't ..
 
- Perbedaan yang signifikan masih ada antara pasar nasional pada dimensi yang relevan
 
- Perbedaan ini mengharuskan strategi pemasaran dan operasi dan fitur produk akan
   disesuaikan untuk terbaik sesuai dengan kondisi di suatu negara.
 
- Negara berbeda
 
- Rentang masalah yang lebih luas dan lebih kompleks
 
- Intervensi pemerintah dalam perdagangan dan investasi menciptakan masalah
 
- Internasional investasi dipengaruhi oleh mata uang yang berbeda


Globalisasi Produksi

 
- Mengacu pada sumber barang dan jasa dari lokasi di seluruh dunia untuk mengambil keuntungan dari
-  Perbedaan dalam biaya atau kualitas dari faktor-faktor produksi
• Buruh
• Tanah
• Modal


Pemicu globalisasi
-                                         Faktor-faktor
a.     Turunnya hambatan dalam arus masuk dan keluar produk, jasa dan modal yang terjadi sejak berakhirnya perang dunia (PD) II.
b.     Perubahan teknologi khususnya perkembangan yang dramatis yang terjadi tahun-tahun belakangan ini di bidang komunikasi, proses informasi dan teknologi transportasi.

Menurunnya hambatan perdagangan dan investasi
Khusus mengenai hambatan impor, berdasarkan teori perdagangan internasional ada dua jenis atau kelompok besar hambatan impor, yaitu :
a.     Hambatan tariff, yang terdidi dari:
1.     Tariff impor atau bea masuk
2.     Tariff ekspor
b.     Hambatan non tariff, yang dapat dirinci menjadi:
1.     Hambatan kuantitatif, yaitu kuota
2.     Hambatan administrasi
3.     Persyaratan kandungan local

 
Pengaruh Eksternal pada Bisnis Internasional

Memahami Manajer Fisik dan Sosial Lingkungan Hidup Perusahaan membutuhkan pengetahuan tentang operasi bisnis, Pengetahuan kerja ilmu politik, hukum, anthropoly, sosiologi, ekonomi, dan geografi.


Munculnya Lembaga global

Globalisasi telah menciptakan kebutuhan institusi untuk membantu mengelola, mengatur dan polisi pasar global
 
- GATT
 
- WTO
 
- IMF
 
- Bank Dunia
 
- PBB
Global yang diatur
-  Makro faktor yang mendasari kecenderungan globalisasi yang lebih besar
 
- Penurunan hambatan perdagangan
 
- Perubahan teknologi
Mengubah Demografi Ekonomi Dunia
-  Dunia output dan perdagangan
 
- Mengubah investasi asing langsung
 
- Mengubah sifat perusahaan multinasional
 
- Mini perusahaan multinasional
 
- Non perusahaan multinasional AS

Perubahan produksi dunia dan gambaran perdagangan dunia
Pada awal tahun 1960 Amerika Serikat masih menjadi pemimpin industry. Sebagai contoh pada awal tahun 1963, Amerika tercantum telah menghasilkan 40,3% dari output pada industrinya yang tersebar luas keseluruh dunia dan pada tahun 1955 produksi yang dihasilkan oleh Amerika tercatat telah menurun menjadi hanya 21,9%.
 
Gabaran perubahan investasi luar negeri langsung
Sebagai contoh, beberapa perusahaan Jepang dan Eropa pada tahun 1970-an dan 1980-an memulai untuk mengganti tenaga kerja dalam operasional pabrik mereka sendiri menjadi tenaga kerja di Negara berkembang yang lebih murah biayanya.
Aliran investasi langsung yang terjadi di Negara berkembang tersebut memungkinkan berdirinya perusahaan-perusahaan asing (PMA). Kehadiran PMA tersebut membuat Negara-negara tuan rumah memberikan perlindungan bagi perusahaan PMA atau investor asing tersebut.

Sejarah bisnis internasional
Bisnis internasional sebagai sebuah disiplin adalah relative baru namun bisnis internasional sebagai praktik bisnis bukanlah “sejarah” bisnis internasional.